Our Services

 


SOP dan Tata Tertib Pengguna Layanan

Calon pengguna alat PPNN dipersilahkan mengisi form yang telah disiapkan yang tercantum pada laman Service List dengan melihat contoh Form Pendaftaran Penggunaan alat yang telah diisi. Alur proses peminjaman alat adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik sampel WAJIB mengisi form penggunaan alat secara lengkap sesuai dengan alat yang akan digunakan, untuk penggunaan alat di minggu berikutnya.
  2. Form penggunaan alat diserahkan ke PPNN paling lambat pada hari Jumat pukul 10.00 WIB.
  3. Pemilik sampel wajib mendeskripsikan dengan jelas mengenai jenis sampel, ukuran partikel, preparasi sampel yang perlu dilakukan, dan tujuan pengamatan yang ingin dicapai. Apabila kolom yang disediakan pada form penggunaan alat tidak mencukupi maka deskripsi sampel dapat dituliskan dikertas lain.
  4. Jumlah sampel yang dibawa ketika pengamatan harus sesuai dengan yang tertera pada form penggunaan alat. Penambahan sampel pada saat penggunaan alat tidak diperbolehkan.
  5. Jika jumlah sampel terlalu banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk diselesaikan pada waktu yang telah dialokasikan untuk pemilik sampel ybs, maka PPNN berhak menghentikan pengamatan. Pemilik sampel harus mengisi form baru dan mengajukan kembali form penggunaan alat untuk menyelesaikan pengamatan sampel yang belum selesai.
  6. Form yang telah di isi harus ditandatangani oleh dosen pembimbing untuk menunjukkan bahwa sampel aman dan perlu dipreparasi atau dikarakterisasi menggunakan peralatan  yang ada di PPNN.
  7. Ketika ada perubahan informasi pada form pendaftaran, perubahan tersebut harus diparaf oleh pembimbing. Contoh, jika ada perubahan jumlah sampel, jumlah semula dicoret lalu diganti dengan jumlah yang baru disebelahnya dan pembimbing harus memberi paraf pada bagian yang diubah.
  8. Jadwal penggunaan alat diumumkan melalui e-mail pada hari Jumat sore untuk jadwal penggunaan alat di minggu berikutnya.
  9. Pemilik sampel yang mendapatkan jadwal untuk penggunaan alat wajib memberikan konfirmasi kehadiran.
  10. Pemilik sampel yang belum mendapatkan jadwal penngunaan alat, harus mengajukan kembali form penggunaan alat untuk minggu berikutnya.
  11. Pemilik sampel dianjurkan hadir ketika pengamatan.
  12. Pemilik sampel dianjurkan membawa CD/DVD kosong untuk menyimpan data hasil pengamatan.
  13. Pemilik sampel wajib mengikuti tata tertib yang berlaku di laboratorium PPNN (berpakaian rapi dan sopan, tidak boleh membawa makanan atau minuman, mengganti sepatu dengan alas kaki yang telah disediakan, dan wajib menggunakan jas lab).
  14. Dianjurkan tidak membawa tas atau barang besar yang tidak berhubungan dengan pengamatan di lab PPNN. Jika membawa tas atau barang besar dapat diletakkan di lemari yang ada di basement.
  15. Pemilik sampel harus membersihkan dan merapikan alat-alat pendukung eksperimen yang sudah digunakan sehingga kondisi lab dan peralatan kembali seperti sebelum digunakan.
  16. Prosedur pembayaran, permohonan bukti pembayaran serta berbagai hal terkait administratif lainnya dapat langsung disampaikan dan dikonsultasikan dengan tim sekretariat PPNN di gedung CAS  lt.1 atau melalui e-mail ke nrcn@cphys.fi.itb.ac.id.
  17. Calon pengguna yang telah menandatangani dan menyerahkan formulir penggunaan alat dianggap telah menyetujui tata tertib yang berlaku di Laboratorium PPNN.
Untuk penggunaan alat/fasilitas lainnya, dapat terlebih dahulu menghubungi nrcn@cphys.fi.itb.ac.id atau datang langsung ke sekretariat PPNN.