Buku Nano For Teens

Pusat Penelitian Nanosains dan nanoteknologi telah menerbitkan buku berjudul Nano for Teens. Buku Nano for Teens ini hadir untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis nanoteknologi dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari. Buku ini disusun dengan menggunakan Bahasa yang sederhana dengan harapan dapat menjadi pegangan bagi pelajar, mahasiswa, sivitas akademik di lingkungan perguruan tinggi, maupun masyarakat umum yang tertarik dalam pembelajaran sains dan teknologi.

Buku ini ditulis oleh Triati Dewi Kencana Wungu, Ph.D., Nuning Anugrah Putri Namari, Dr. Damar Rastri Adhika, S.T., M.Sc., dan Fahdzi Muttaqien, Ph.D. Berikut ini adalah profil dari penulis buku.

Triati Dewi Kencana Wungu, Ph.D. meraih gelar Sarjana (2005) di Program Studi Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Magister Teknik (2010) di Program Studi Teknik Fisika ITB, serta Doktor (2012) di Department of Applied Physics, Osaka University, Jepang. Sejak tahun 2014 menjadi dosen tetap di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Kelompok Keilmuan Fisika Nuklir dan Biofisika. Bidang penelitian yang diminati ialah komputasi berbasis Density Functional Theory (DFT) dalam kajian material berbasis lempung untuk aplikasi di berbagai bidang seperti energi, sensor, dan kesehatan. Sampai saat ini (2020) telah mempublikasikan sekitar 23 karya ilmiah pada jurnal internasional serta sejumlah artikel pada prosiding seminar nasional dan internasional. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris di Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi ITB dan kesehariannya mengajar di Program Studi Fisika ITB.

Dr. Damar Rastri Adhika, S.T., M.Sc. adalah salah satu staf pengajar di prodi Teknik Fisika ITB dan saat ini juga berperan sebagai Kepala Lab. Mikroskop Elektron PPNN ITB. Latar belakang pendidikan beliau adalah S1 Teknik Fisika – ITB (2007); S2 Biomedical Engineering – University of Applied Sciences Luebeck, Jerman (2012); dan S3 Material Engineering – Kyushu University, Jepang (2015). Bidang yang ditekuni adalah karakterisasi material khususnya menggunakan mikroskop elektron, serta modifikasi permukaan menggunakan material nano. Sampai dengan Oktober 2020 telah menghasilkan sekitar 20 jurnal internasional serta beberapa pubilkasi pada prosiding seminar nasional dan internasional.  

Fahdzi Muttaqien, Ph.D. meraih gelar Sarjana (2010) di Program Studi Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Magister Sains (2012) di Program Studi Sains Komputasi ITB, Magister Teknik (2014) di Department of Precision Science and Technology, Osaka University, serta Doktor (2017) di Department of Precision Science and Technology, Osaka University. Sejak tahun 2019 menjadi dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB dalam kelompok keilmuan Instrumentasi dan Komputasi. Bidang penelitian yang diminati ialah komputasi berbasis Density Functional Theory (DFT) untuk kajian material katalis gas polutan, sensor, dan energi. Sampai saat ini, penulis telah mempublikasikan sekitar 12 karya ilmiah pada jurnal internasional serta sejumlah artikel pada prosiding seminar nasional. Penulis menjabat sebagai staf peneliti di Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi ITB dan aktif mengajar di Program Studi Fisika ITB dan Sains Komputasi ITB.

Nuning Anugrah Putri Namari meraih gelar Sarjana (2016) pada Program Studi Fisika , Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Magister (2018) pada Computational Science, Kanazawa University, Jepang. Sejak tahun 2019 bergabung dengan Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (PPNN) di ITB sebagai asisten riset. Bidang studi yang diminati adalah studi mengenai material 2D. Selama studinya penulis fokus pada komputasi berbasis Density Functional Theory (DFT) mengenai material 2D. Sampai saat ini (2020) telah mengeluarkan 1 jurnal internasional serta 3 prosiding seminar internasional. Semenjak bergabung dengan PPNN, penulis banyak bekerja menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM) di Laboratorium Mikroskop Elektron.