Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (Research Center for Nanosciences and Nanotechnology) atau PPNN, Institut Teknologi Bandung (ITB), merupakan salah satu Pusat Penelitian terbaru yang dibentuk oleh ITB yang berfokus pada kegiatan penelitian dan pendidikan di sektor sains dan teknologi berskala nano. PPNN ITB didirikan dalam rangka menanggapi tantangan kompleks di zaman modern ini serta menegaskan kembali komitmen ITB untuk selalu melakukan penelitian, pengembangan, dan penerapan sains dan teknologi terkini demi kemajuan bangsa Indonesia.  

Aktivitas di PPNN ITB mencakup berbagai spektrum disiplin ilmu sains dan teknologi yang begitu luas. Terdapat 5 (lima) fokus bidang penelitian di PPNN ITB: Nanomaterial, Nanomedicine, Nanodevices, Nanomaterial for Energy, dan Nanobiotechnology. Masing-masing bidang peneitian memiliki tenaga ahli peneliti yang berasal dari berbagai Fakultas dan Sekolah di ITB serta lebih dari 100 siswa aktif yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan pendidikan berbasis sains dan teknologi nano. PPNN ITB juga dilengkapi dengan peralatan-peralatan karakterisasi material mutakhir seperti High Resolution Transmission Electron Microscope (HRTEM), Focused Ion Beam (FIB), Scanning Electron Microscope (SEM), dan Atomic Force Microscope (AFM) untuk menunjang kegiatan riset dan pendidikan didalamnya. Berbagai publikasi bertaraf nasional dan internasional telah diterbitkan oleh peneliti di PPNN ITB sebagai hasil dari kegiatan tidak hanya di sektor pendidikan dan penelitian, tetapi juga dii sektor sosial dan pengabdian masyarakat.  

PPNN ITB percaya bahwa dengan meningkatnya kompleksitas masalah yang dihadapi oleh masyarakat, pendekatan interdisipliner sangat diperlukan. PPNN ITB, dengan membawa slogan “Advanced Interdisciplinary Technology for Better Future”, bertekad akan melakukan upaya menyeluruh untuk memelihara perpaduan yang kaya dan dinamis dari setiap latar belakang akademis para peneliti sebagai kendaraan yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan dan sepenuhnya memenuhi misinya.

Kegiatan PPNN Kolaborasi Penelitian (Research Collaboration

Kolaborasi penelitian dilakukan bersama dengan lembaga-lembaga penelitian baik di dalam maupun di luar negeri. Kolaborasi ini dilaksanakan untuk kepentingan bersama dari setiap pihak yang terliba dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian di PPNN ITB.

Jaringan Industri (Industrial Link

Kerjasama dan pembangunan jaringan dengan sektor industri dimaksudkan untuk penelitian-penelitian terapan yang dapat direalisasikan di produksi skala besar sehingga dapat menghasilkan seuatu yang positif bagi semua pihak. Bentuk kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan peluang dalam pengembangan penelitian di PPNN ITB sekaligus juga dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia. 

Program Pascasarjana di Bidang Sains dan Teknologi Nano (Graduate Program in Nanoscience and Technology)

PPNN ITB sedang membangun program pascasarjana untuk program magister dan doctor yang bertujuan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang nanoteknologi. Dengan berdirinya program pascasarjana ini, diharapkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang nanoteknologi akan meningkat secara signifikan, sehingga dapat lebih berperan aktif dalam menjawab tantangan Indonesia kedepan. 

Pelayanan Keilmuan Masyarakat (Expertize Community Services) 

PPNN ITB juga menyediakan pelayanan keilmuan berupa karakterisasi dan evaluasi sampel material, magang, workshop, dan lain-lain. Pelayanan ini dimaksudkan untuk semua komunitas riset dan pendidikan domestik yang membutuhkan layanan tersebut.