Dalam rangka memperkenalkan nanosains dan penerapan IPTEK kepada masyarakat, Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (PPNN) ITB melalui program Pengabdian Masyarakat mengusulkan kegiatan bertema Pengenalan Komputasi Berbasis Kuantum untuk Masyarakat. Kegiatan ini akan dilakukan mengingat pandemic covid19 yang belum berakhir menyebabkan siswa/mahasiswa ataupun tenaga pengajar harus melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah secara daring. Kondisi seperti ini menyebabkan terhambatnya kegiatan penelitian berbasis eksperimen yang mana pelaksanaannya sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang tersedia di laboratorium. Mengingat pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam memajukan bangsa maka pandemik covid19 ini jangan sampai mengendurkan semangat bangsa untuk terus mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi. Untuk itu, penelitian berbasis komputasi perlu juga dipelajari oleh sivitas akademik sebagai alternatif penelitian berbasis eksperimen.  

Pengenalan Komputasi Berbasis Kuantum untuk Masyarakat ini akan dilakukan dengan memanfaatkan perangkat lunak seperti STATE, MACHIKANEYAMA dan HILAPW untuk mendisain simulasi material yang akan diuji cobakan. Perangkat lunak tersebut biasa digunakan untuk membantu penelitian di bidang kimia ataupun Fisika. Untuk itu, target kegiatan pengabdian ini adalah Dosen, Guru, Mahasiswa, dan Peneliti yang memiliki pemahaman Fisika/Kimia kuantum tingkat dasar.

Kegiatan akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 (tiga) hari dengan menghadirkan para pakar yang mengembangkan (developer) dari perangkat-perangkat lunak diatas. Workshop menitikberatkan pada dasar teori dan penggunaan perangkat lunak tersebut untuk diaplikasikan dalam penelitian berbasis nano.  Lecture dan hands-on kepada peserta akan diberikan selama kegiatan berlangsung, dimulai dari pengenalan basic linux, introduction to Density Functional Theory (DFT), dan penggunaan komputasi berbasis DFT dalam penerapan teknologi nano.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi inspirasi generasi muda untuk menekuni bidang nanosains dan nanoteknologi khususnya di bidang komputasi disain material sehingga dapat mengembangkan bidang ini di masa depan untuk lebih memajukan bangsa Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Juli 2021, melalui Webinar dengan Platform Zoom. Link registrasi : http://bit.ly/workshopcmd.