Program S3 Sains dan Teknologi Nano

Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknologi Nano adalah Dr. Eng Nugraha. Informasi mengenai Kurikulum Program Studi Doktor Teknologi Nano dapat di klik di sini.

Tujuan Pendidikan Program Studi

  1. Mampu merancang dan melakukan kegiatan penelitian inovatif lintas disiplin ilmu dan terintegrasi di bidang teknologi nano, fokus pada bidang tertentu.
  2. Mampu merancang penelitian di bidang teknologi nano yang berpotensi paten.
  3. Mampu melakukan penelitian secara sistematis dan menilai secara kritis nilai saintifik dan relevansinya state-of-the-art, terkait dengan teknologi nano.
  4. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian noveltinya dalam komunitas akademik dalam bentuk tulisan ilmiah, konferensi dan pertemuan ilmiah lain bertaraf internasional serta berpotensi untuk diaplikasikan di industri.
  5. Memiliki perilaku yang benar untuk beradaptasi secara terus-menerus pada masyarakat berbasis pengetahuan dan mempelajari teknologi baru.
  6. Mempunyai kapasitas sebagai syarat berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan lain sebagainya.

Capaian (Outcomes) Lulusan Program Studi

  1. Memiliki kemampuan teoritis material nano dari aspek fisika, kimia, biologi.
  2. Memiliki pemahaman konseptual dan mendalam mengenai nanosains dan teknologi nano.
  3. Memiliki spesialiasi dalam bidang-bidang tertentu terkait dengan roadmap nanosains dan teknologi nano.
  4. Memiliki kemampuan menangani material berbasis teknologi nano dan memiliki pemahaman yang luas tentang keamanan material berbasis teknologi nano dan menyadari potensi bahaya limbah-limbah nanomaterial pada lingkungan.
  5. Memiliki kemampuan penggunaan instrumentasi/ alat-alat karakterisasi material.
  6. Memiliki kemampuan dalam mengolah data-data hasil penelitian serta melakukan interpretasinya.
  7. Memiliki kemampuan meneliti secara mandiri.
  8. Memiliki kemampuan menggali literatur dan memahaminya secara mandiri.
  9. Memiliki kemampuan untuk melaporkan dan mempresentasikan hasil penelitian secara profesional, baik secara lisan maupun tulisan.
  10. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian secara efektif dan logis.
  11. Memiliki kemampuan merefleksikan masalah secara etis dan ilmiah.
  12. Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan menghargai nilai ilmiah secara terbuka, akurat, akuntabel dan mampu membedakan antara pengetahuan dan pendapat.
  13. Mampu berkomunikasi dengan baik, jelas dan efektif secara lisan dan tertulis.
  14. Mampu bekerja sama dalam tim baik sebagai pemimpin maupun anggota tim.
  15. Memiliki etika dan moral yang baik serta berperilaku professional.