Telah diadakan acara webinar online dengan tajuk Advanced Material Characterization by XPS Technique pada hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 12.45 – 16.00 WIB. Acara ini merupakan bagian dari Material Characterization Webinar Series yang telah diselenggarakan beberapa kali sebelumnya oleh Pusat Penelitan Nanosain dan Nanoteknologi ITB dengan tajuk yang berbeda-beda.

Kegiatan kali ini terwujud berkat kerja sama dengan PT INTEC Instrument serta Shimadzu Corporation. Pembicara yang dihadirkan pada webinar online ini yaitu Dr. Ali Syari’ati yang merupakan Product Marketer Photonics Netherlands dan Mr. Tan Teck Beng yang merupakan Senior Product Specialist Shimadzu Asia Pacific Pte Ltd. Jumlah peserta dari webinar online ini adalah sekitar 125 peserta.

Acara webinar online ini dibuka oleh Dr. Veinardi Suendo, yang merupakan salah dosen dan peneliti di PPNN ITB. Setelah itu terdapat tiga sesi presentasi materi yang dibawakan oleh para pembicara. Sesi presentasi tersebut dipandu oleh moderator yaitu Sarah Zulfa Khairunnisa, mahasiswa doktoral dari program studi Sains dan Teknologi Nano ITB.

Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Dr. Ali Syari’ati dengan tajuk XPS theory and Practice in Research. Pada sesi ini, Dr. Ali menjelaskan bagaimana prinsip dasar yang digunakan oleh instrument XPS. Kemudian Dr. Ali juga membuka sesi tanya jawab terkait peran XPS pada riset-riset yang sedang dikerjakan oleh peserta webinar. Beberapa peserta cukup antusias dengan adanya sesi tanya jawab tersebut.

Sesi pertama oleh Dr. Ali Syari’ati

Selanjutnya materi pada sesi kedua dan ketiga disampaikan oleh Mr. Tan Teck Beng. Tajuk dari materi sesi kedua adalah Kratos XPS Key Technology and Advanced Application for Material Characterization. Pada sesi ini, Mr. Tan Teck Beng menjelaskan cara kerja dari instrument XPS yang dikembangkan oleh Kratos Analytical, salah anak perusahan dari Shimadzu Group Company. Mr. Tan Teck Beng menjelaskan secara detail cara kerja dan fungsi-fungsi dari komponen utama penyusun XPS tersebut. Kemudian, beliau juga menjelaskan aplikasi XPS pada berbagai bidang riset.

Sesi kedua oleh Mr. Tan Teck Beng

Selepas materi sesi kedua, Mr. Tan Teck Beng melanjutkan ke materi ketiga yang bertajuk Shimadzu Solution for Li Battery Applications. Mr. Tan Teck Beng menjelaskan berbagai alat karakterisasi dari Shimadzu yang dapat diterapkan pada penelitian baterai lithium. Beliau juga menunjukan data-data yang dapat dihasilkan dari alat karakterisasi milik Shimadzu. Tidak lupa, Mr. Tan Teck Beng juga menjelaskan beberapa analisis data tersebut dan memberikan saran terkait pengembangan riset baterai ke depannya. Setelah selesai materi sesi ketiga, diadakan sesi tanya jawab peserta.

Sesi terakhir dengan pemater Mr. Tan Teck Beng
Sesi tanya jawab pada sesi ketiga

Acara kemudian di tutup oleh Dr. Damar Rastri Adhika selaku dosen, peneliti dan kepala laboratorium karakterisasi material PPNN ITB sekaligus ketua panitia penyelanggara Material Characterization Webinar Series.