Dalam rangka memperkenalkan bidang nanosains dan nanoteknologi kepada masyarakat, khususnya para pelajar tingkat SMP dan SMA, pengenalan terhadap penerapan teknologi nano sangat diperlukan. Nanosains dan nanoteknologi merupakan ujung tombak perintis revolusi IPTEKS di masa depan sehingga generasi muda Indonesia perlu mengenal serta apabila memiliki minat yang kuat dapat menekuni bidang nanosains dan nanoteknologi ini di kemudian hari. Melalui kegiatan Nano for Teens usaha akademisi dalam memperkenalkan nanoteknologi kepada masyarakat, khususnya generasi muda yaitu para pelajar tingkat SMP dan SMA secara dini dapat terlaksana. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari visi Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (PPNN) ITB untuk memperluas wawasan masyarakat terhadap teknologi baru dengan cara menyelenggarakan berbagai pelatihan, pengenalan, dan seminar tentang nanosains dan nanoteknologi.

Program ini juga merupakan sarana sosialisasi PPNN ITB sehingga masyarakat khususnya generasi muda mengetahui bahwa ITB juga aktif dalam pengembangan nanosains dan nanoteknologi di Indonesia. Program ini diharapkan dapat memberi inspirasi generasi muda untuk menekuni bidang nanosains dan nanoteknologi sehingga dapat mengembangkan bidang ini di masa depan untuk lebih memajukan bangsa Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 8 Juli 2021, melalui Webinar dengan Platform Zoom. Link registrasi http://bit.ly/Nanoforteens2021.

Jadwal kegiatan pelaksanaan Nanoteens terlampir sebagai berikut:

WaktuKegiatanPIC
07.30 – 08.00Participants enrol in Zoom
08.00 – 08.10OpeningTriati Dewi Kencana Wungu, Ph.D.
08.20 – 08.50Introduction to NanocosmeticProf. Dr. Heni Rachmawati, Apt., M.Si.  
08.55 – 09.40Wandering Nanovesicle: The Journey of Exosome to Extracellular Space Fitria Dwi Ayuningtyas
09.45 – 10.15Determination of SPF, consideration of the effectivity and toxicity of topical cosmeticsDr. apt. Amirah Adlia
10.20 – 10.50Current Study of Nanocosmetics at PPNN ITBDr. Damar Rastri Adhika
10.55 – 11.15ClosingDr. Adhitya Gandaryus Saputro