Kegiatan dilaksanakan pada Rabu 5 Mei 2021, melalui Webinar dengan Platform Zoom. Tujuan dari workshop ini adalah memperkenalkan teknik-teknik pengamatan sampel biologi menggunakan mikrosop konfokal. Materi akan diberikan mengenai konsep dasar konfokal serta aplikasi dalam penelitian di bidang ilmu dan teknologi hayati khususnya terkait stem-cell. Instrumen konfokal dari Carl Zeiss LSM 900 yang menggunakan teknologi terbaru (Airyscan.2) akan diperkenalkan oleh pihak PT Vanadia Utama. Peserta akan diberi sertifikat atas partisipasinya dalam webinar ini. Untuk melihat seluruh kegiatan webinar ini dapat diklik di sini.  

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Dr. Triati . Kemudian dilanjutkan dengan materi dari Dr. Damar Rastri Adhika mengenai Microscopy in Life Science.

Dr. Damar Rastri menyampaikan Jenis mikroskopi yang dapat digunakan pada aplikasi live science diantaranya adalah mikroskop optik, mikroskop elektron, dan Scanning Probe Microscope (SPM). Pemilihan penggunaan mikroskop dapat disesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem. Secara umum, resolusi yang lebih tinggi dapat diperoleh dengan menggunakan mikroskop elektron yang memiliki panjang gelombang yang lebih kecil, dengan perhitungan sesuai dengan Teori Abbe. Adapun SPM sendiri dapat digunakan dengan mempertimbangkan kondisi sampel dikarenakan adanya interaksi antara probe yang digunakan dengan sampel yang diamati.

Sambutaan Pembukaan Webinar dari Dr. Triati Dewi Kencana Wungu
Pengisi Materi Microscopy in Life Science – Dr. Damar Rastri Adhika

Materi dilanjukan oleh Dr. Anggraini Barlian, M. Sc. mengenai Application on Stem Cell Research. Dr. Anggraini menyampaikan bahwa peran mikroskop dalam Life Science sangat besar. Penelitian menggunakan stem cell sangat bergantung pada mikroskop karena perubahan yang terjadi di dalam sel maupun di luar sel. Selama proses diferensiasi dapat divisualisasikan dan dikonfirmasi dengan mikroskop. Struktur sel dapat diamati oleh SEM (Scanning Electron Microscopy) dan TEM (Transmission Electron Microscopy). Selain itu, komponen sitoskelet dan lokasi molekul penanda/marker dapat teramati menggunakan mikroskop konfokal.

Pengisi Materi Application on Stem Cell Research – Dr. Anggraini Barlian
Hasil Citra dari Riset Life Science Menggunakan Confocal Microscope

Kemudian materi dilanjutkan oleh Dr. Shang Hui mengenai Confocal Application dan materi dari Baron Leonard, ST mengenai Product Presentation.

Pengisi Materi Application Confocal – Dr. Siang Hui
Pengisi Materi Product Presentation – Baron Leonard, ST
Foto Bersama Seluruh Peserta Kegiatan Webinar
Foto Bersama Seluruh Peserta Kegiatan Webinar
Foto Bersama Seluruh Peserta Kegiatan Webinar
Foto Bersama Seluruh Peserta Kegiatan Webinar