Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknologi Nano adalah Dr. Eng Nugraha. Informasi mengenai Kurikulum Program Studi Magister Teknologi Nano dapat di klik di sini.

Tujuan Pendidikan

  1. Memiliki pemahaman dan kompetensi yang baik pada salah satu atau lebih bidang teknologi nano.
  2. Mampu mengaplikasikan pengetahuannya dari berbagai domain dan spesialisasi melalui cara yang kreatif, mengembangkannya, memperdalam serta mengintegrasikannya dalam suatu sistem fungsional.
  3. Mempunyai kesiapan akademis untuk melanjutkan studi ke jenjang program doktor di bidang nanosains dan teknologi nano.
  4. Mampu melakukan penelitian secara sistematis dan menilai secara kritis nilai saintifik dan relevansinya state-of-the-art, terkait dengan teknologi nano.
  5. Memiliki kompetensi dalam perancangan: kemampuan secara independen dalam mengambil keputusan terkait dengan perancangan dan mengevaluasinya dengan cara yang sistematik; mampu menggunakan dan mengkombinasikan berbagai disiplin ilmu terkait teknologi nano untuk memformulasi permasalahan penelitian baru berbasis pada masalah perancangan.
  6. Memiliki perilaku yang benar untuk beradaptasi secara terus-menerus pada masyarakat berbasis pengetahuan dan mempelajari teknologi baru.
  7. Mempunyai kapasitas sebagai syarat berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan lain sebagainya.

Capaian (Outcomes) Lulusan Program Studi

  1. Memiliki kemampuan teoritis material nano dari aspek fisika, kimia, biologi.
  2. Memiliki pemahaman konseptual dan mendalam mengenai nanosains dan teknologi nano.
  3. Memiliki spesialiasi dalam bidang-bidang tertentu terkait dengan roadmap nanosains dan teknologi nano.
  4. Memiliki kemampuan menangani material berbasis teknologi nano dan memiliki pemahaman yang luas tentang keamanan material berbasis teknologi nano dan menyadari potensi bahaya limbah-limbah nanomaterial pada lingkungan.
  5. Memiliki kemampuan penggunaan alat-alat karakterisasi material.
  6. Memiliki kemampuan dalam mengolah data-data hasil penelitian serta melakukan interpretasinya.
  7. Memiliki kemampuan meneliti secara mandiri.
  8. Memiliki kemampuan menggali literatur dan memahaminya secara mandiri.
  9. Memiliki kemampuan untuk melaporkan dan mempresentasikan hasil penelitian secara profesional, baik secara lisan maupun tulisan.
  10. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian secara efektif dan logis.
  11. Memiliki kemampuan merefleksikan masalah secara etis dan ilmiah.
  12. Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan menghargai nilai ilmiah secara terbuka, akurat, akuntabel dan mampu membedakan antara pengetahuan dan pendapat.
  13. Mampu berkomunikasi dengan baik, jelas dan efektif secara lisan dan tertulis.
  14. Mampu bekerja sama dalam tim baik sebagai pemimpin maupun anggota tim.
  15. Memiliki etika dan moral yang baik serta berperilaku professional.