Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknologi Nano adalah Dr. Eng Nugraha. Informasi mengenai Kurikulum Program Studi Magister Teknologi Nano dapat di klik di sini.
Tujuan Pendidikan
- Memiliki pemahaman dan kompetensi yang baik pada salah satu atau lebih bidang teknologi nano.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuannya dari berbagai domain dan spesialisasi melalui cara yang kreatif, mengembangkannya, memperdalam serta mengintegrasikannya dalam suatu sistem fungsional.
- Mempunyai kesiapan akademis untuk melanjutkan studi ke jenjang program doktor di bidang nanosains dan teknologi nano.
- Mampu melakukan penelitian secara sistematis dan menilai secara kritis nilai saintifik dan relevansinya state-of-the-art, terkait dengan teknologi nano.
- Memiliki kompetensi dalam perancangan: kemampuan secara independen dalam mengambil keputusan terkait dengan perancangan dan mengevaluasinya dengan cara yang sistematik; mampu menggunakan dan mengkombinasikan berbagai disiplin ilmu terkait teknologi nano untuk memformulasi permasalahan penelitian baru berbasis pada masalah perancangan.
- Memiliki perilaku yang benar untuk beradaptasi secara terus-menerus pada masyarakat berbasis pengetahuan dan mempelajari teknologi baru.
- Mempunyai kapasitas sebagai syarat berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan lain sebagainya.
Capaian (Outcomes) Lulusan Program Studi
- Memiliki kemampuan teoritis material nano dari aspek fisika, kimia, biologi.
- Memiliki pemahaman konseptual dan mendalam mengenai nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki spesialiasi dalam bidang-bidang tertentu terkait dengan roadmap nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki kemampuan menangani material berbasis teknologi nano dan memiliki pemahaman yang luas tentang keamanan material berbasis teknologi nano dan menyadari potensi bahaya limbah-limbah nanomaterial pada lingkungan.
- Memiliki kemampuan penggunaan alat-alat karakterisasi material.
- Memiliki kemampuan dalam mengolah data-data hasil penelitian serta melakukan interpretasinya.
- Memiliki kemampuan meneliti secara mandiri.
- Memiliki kemampuan menggali literatur dan memahaminya secara mandiri.
- Memiliki kemampuan untuk melaporkan dan mempresentasikan hasil penelitian secara profesional, baik secara lisan maupun tulisan.
- Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian secara efektif dan logis.
- Memiliki kemampuan merefleksikan masalah secara etis dan ilmiah.
- Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan menghargai nilai ilmiah secara terbuka, akurat, akuntabel dan mampu membedakan antara pengetahuan dan pendapat.
- Mampu berkomunikasi dengan baik, jelas dan efektif secara lisan dan tertulis.
- Mampu bekerja sama dalam tim baik sebagai pemimpin maupun anggota tim.
- Memiliki etika dan moral yang baik serta berperilaku professional.